Rabu, 14 Agustus 2013

Batik Madura: Sekilas Tentang Motif dan Warna Batik Madura

seluruh orang tahu apabila madura populer dengan karapan sapi serta garamnya. akan tetapi disaat bicara mengenai batik, banyak yang belum menyadari apabila pulau Madura ini juga terkenal sebagai salah satu penghasil batik. motif yang datang dari tempat ini juga punyai nilai seni yang tinggi, tidak kalah dengan batik dari tempat lain. warna yang di munculkan kerap bernuansa cerah, cocok dengan pembawaan orang madura yang terbuka serta gampang akrab dengan orang lain.

sebagai sesuatu karya seni, batik madura juga mempunyai banyak peminat, baik itu dari indonesia sendiri atau dari berbagai negara yang lain. mereka membelinya untuk dibikin baju kebiasaan atau juga disimpan untuk koleksi.


biarpun wilayahnya tidak terlampau luas, akan tetapi batik madura juga memiliki bermacam model. lebih-lebih tiap-tiap tempat punyai motif sendiri. Seperti batik Pamekasan, batik tanjung bumi, batik sumenep dll. sebab untuk penduduk madura batik tidak hanya kain bermotif saja. batik yaitu sisi dari budaya madura.

lebih-lebih sekarang di beraneka buku serta majalah seni budaya, batik madura kerap mendapatkan perhatian yang istimewa. disaat pergi ke pulau ini kita akan juga gampang mendapatkan pusat industri yang product utamanya yaitu batik. pada acara-acar resmi kenegaraan, banyak pajabat yang tidak menjadi canggung untuk kenakan batik madura.

motif serta warna batik madura
tak hanya senang memanfaatkan warnya yang cerah, motif batik madura juga punyai model yang terbilang banyak jumlahnya. ada pucuk tumbak, belah ketupat, rajut dan seterusnya. disamping itu ada juga corak yang melukiskan kekayaan flora serta fauna yang hidup di sana.

pencampuran warna batik madura kerap tampak kasar sebab senang saling bertabrakan. akan tetapi justru disinilah letak daya tariknya. orang kerap menyebutnya barabin untuk pencampuran warna yang norak akan tetapi tampak amat unik ini.

menurut kabar, banyak orang-orang dari cina serta jepang datang ke pulau madura untuk membeli batik yang dikira sebagai keajaiban karya seni. motif yang amat disukai yaitu binatang serta tumbuhan.

lebih-lebih didalam satu pameran batik di jakarta belum lama ini, didalam dua hari saja seorang penjual batik madura segera kehabisan barang. walaupun sebenarnya dia udah buat persiapan persediaan barang 2 x lipat. serta umumnya pembelinya yaitu orang jepang serta cina juga. lagi tengah yang lain datang dari negara-negara eropa serta timur sedang.

seperti tempat lain, batik madura juga memanfaatkan cara tradisional didalam pengerjaannya. tetapi jangka periode yang dibutuhkan terkait dari tingkat kerumitan motif serta corak. makin rumit motif pasti bakal butuh waktu yang lebih lama juga.

urut-urutan sistem produksinya juga amat panjang. dimulai dari perendaman kain didalam air bercampur minyak, lantas dicuci serta diberi kanji, terus disambung dengan pewarnaan serta pengeringan. untuk sehelai kain panjang diperlukan waktu pada enam bln. hingga 1 tahun.

batik gentongan sebagai batik madura dari kawasan tanjung bumi kabupaten bangkalan juga punyai keunikan tersendiri didalam sistem pembuatannya. lebih-lebih disaat direndam sepanjang tiga hingga enam bln.. sebab bahan yang difungsikan untuk merendam yaitu minyak kacang atau minyak randu. lantas bukan hanya air biasa. serta sebelum akan dilaksanakan perendaman ada sistem melembutkan kain serta menutup gambar dan berikan warna kembali.

sehabis lantas batik gentongan ini bakal punyai kelebihan tersendiri lagi. yakni makin lama warnanya tidak lagi luntur atau pudar. akan tetapi justru makin lama menyala serta menonjol. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar