Rabu, 14 Agustus 2013

Sejarah dan Perkembangan Batik Bali

Bila kembali lihat bagaimana keberadaan batik bali, maka sejatinya perubahannya telah ada serta diawali sejak jaman th. 70-an. walau demikian dengan industri, batik ini terbilang masihlah makin menggeliat pada th. 1997.

walau demikian, sebenarnya, kain batik sendiri telah turut meramaikan hingar bingar perbatikan indonesia. perihal ini terutama bali sebagai lokasi yang dikatakan sebagai surga dunia dikarenakan mempunyai alam yang amat eksotis serta menggoda siapapun untuk mendatanginya.

apalagi dengan penampilan design, batik inimempunyai segi keunikannya tersendiri diantara semua batik yang ada di nusantara. batik bali lantas bukan sekedar menjelma sebagai ikat kepala saja, namun telah jadi barang koleksi yang dapat diperoleh oleh siapapun.


motif kainnya yang amat bermacam serta penuh variasi manjadikan yang berminat pingin mengoleksi batik ini. perihal ini pulalah sebagaikan batik bali makin populer serta di pasaran serta memperoleh tanggapan bagus dari beberapa penikmat batik di pasar.

semenatara itu ada juga yang menyebutkan bahwa keberadaan industri kerajinan batik bali diawali sejak th. 1970-an. Seni batik ini dipelopori oleh pande ketut krisna dari banjar tegeha, desa sukawati, gianyar, bali.

pada saat itu, pengenalan batik tetap dikerjakan lewat cara amat manual. batik tetap memakai tehnik tenun-cap yang menggunakan tehnik dengan memakai alat tenun manual. pada waktu ini kita banyak mengenalnya dengan istilah alat tenun bukan hanya mesin atau atbm.

perubahan batik ini sendiri telah makin banyak digemari serta alami perpaduan yang amat cepat. perihal ini dikarenakan oleh telah banyaknya industri batik yang tumbuh serta berikan macam corak-corak khas bali. tidak ketinggalan juga macam corak perpaduan bali, semisal batik bali papua, bali pekalongan, dan sebagainya sebagainya.

penyebab perpaduan pada batik ini tidak lain serta tidak bukan hanya dikarenakan sebagaimana kita kenali bahwa pulau dewata ini amat banyak dijamah beragam pendatang yang lantas berikan pergantian tersendiri juga didalam di dalam perihal sistem pembuatan batik. perihal ini berkenaan dengan semua eksistensi pulau ini. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar