Selasa, 23 April 2013

Seni Melukis di Atas Kain


Melukis kain belakangan ini jadi trend di kelompok umur beberapa ibu. pasalnya tidak cuma dapat jadikan sebatas hiasan, namun nyatanya dapat dikembangkan sebagai usaha yang berikan pemasukan yang cukup lumayan untuk beberapa ibu tempat tinggal tangga.

apalagi, di sebagian area telah ada sebagaikan melukis diatas kain sebagai pendapatan utama atau sebagai home industri walau tetap kecil-kecilan. di bawah ini sebagian panduan yang saya rangkum dari beragam sumber buat anda supaya dapat melukis kain.

pertama, ketahui dulu type kain yang dapat digunakan melukis. apakah macamnya sutra, polyester, atau katun. mengetahui type kain penting untuk menentukan cat yang sesuai. serta untuk menghidari kekeliruan penentuan cat tekstil, bawa saja potongan kain yang dapat dilukis sebagai perumpamaan untuk diperlihatkan pada pedagang cat tekstil hingga ia dapat memilihkan cat yang pas.

ke-2, melukis diatas kain dapat menggunakan tehnik lukis apapun. tetapi, untuk mendapatkan gambar kecil yang detail, layaknya garis tidak tebal atau titik, baiknya padukan tehnik melukis dengan kuas serta tehnik membatik dengan canting. lubang canting yang kecil dapat dipilih untuk melukis perihal detail.


ketiga, angin-anginkan kain yang telah dilukis sampai cat meresap pada kain serta kering. sesudah situasi itu terwujud, cat tidak dapat luntur waktu dicuci.

gambarlah motif sebelum saat melukis, dengan pensil supaya anda tidak salah. karena, bila telah terlanjur dilukis dapat amat repot bila anda pingin mengapusnya lagi.

carilah motif yang sesuai dengan hasrat anda. anda dapat peroleh gambar motif dari beragam media, layaknya di internet, majalah bekas, atau beli segera gambar motif di toko buku terkemuka.

janganlah takut mengekspresikan jiwa anda diatas kain, toh anda kan sebagai pemula lantas tidak perlu cemas. cobalah belajar yakin diri bahwa anda dapat atakan ‘orang lain dapat kenapa kita tidak dapat ?’

cara melukis kain
seni melukis kain sebenarnya nyaris serupa dengan seni melukis di kanvas. perbedaannya yaitu kain yang dipakai bukan hanya kain kanvas namun kain biasa yang dipergunakan sehari-hari. pada prinsipnya seluruh type kain bisa dilukis mulai berbahan kaos, jins, rayon sampai sutra.

perbedaan lain dengan seni melukis di kanvas yaitu cat yang dipakai. bila melukis kanvas menggunakan bahan cat minyak atau cat akrilik, melukis kain menggunakan cat spesial untuk bahan tekstil. walau terkadang cat akrilik bisa dipakai untuk melukis kain.

sebelum saat beli cat spesial untuk melukis kain, baiknya anda bertanya terlebih dulu type cat yang dapat dibeli. ada sebagian area yang spesial jual cat untuk tekstil. untuk lokasi jakarta serta sekitarnya, anda dapat mendatangi tempat jatinegara untuk beroleh cat tekstil yang sesuai hasrat. berikut bagian cara melukis kain :

siapkan bahan yang dapat dilukis.
bikin sketsa gambar yang di idamkan gunakan pensil.
beri warna sesuai disain yang di idamkan.
sesudah seluruh object selesai digambar serta diwarnai, beri garis sebagai outline pinggir tiap-tiap object. contohnya menggambar garis pinggir kelopak bunga. menambahkan detail juga dikerjakan layaknya detail putik serta benang sari bunga, dan sebagainya.

setrika object gambar. untuk menolong cat menyerap ke dalam serat kain, hingga tidak mudah luntur saat dicuci.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar