Jumat, 12 April 2013

Teknik Melukis Di Atas Kaca


Tehnik dalam pembuatan lukisan dari media kaca ini juga alami perubahan. dahulu tehnik yang dipakai untuk melukis diatas kaca menggunakan tehnik lukis yang tetap tradisional, yaitu gunakan kuas.

saat ini tehnik melukis telah makin berkembang, ada sebagian tehnik modern yang sekarang ini dipakai dalam pembuatan lukisan dengan media kaca ini. contohnya, menggunakan tehnik sablon atau air brush.

perbedaan tehnik yang dipakai juga membuahkan lukisan yang tidak sama juga. tehnik lukis tradisional terus mempunyai nilai estetika serta harga jual yang lebih tinggi. karena, tehnik lukis tradisonal mempunyai tingkat kesusahan yang lebih tinggi, dan sedikit-sedikit unsur mistisnya tetap merasa.


perihal ini tidak sama dengan tehnik modern, yang memanglah dipakai untuk mempermudah sistem melukis. dengan kemudahan tersebut dapat dihasilkan lukisan yang cukup banyak kurun waktu yang singkat, serta memanglah umumnya tujuannya pasar, yaitu supaya dapat jual lukisan sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan duit yang berlimpah. dengan demikian lukisan cuma hanya komoditi pasar tanpa memiliki kandungan unsur-unsur supranatural yang terdapat didalamnya.

telah tidak dapat disangakal lagi bahwa indonesia merupakan negeri yang amat kaya dapat kebudayaan. kebudayaan merupakan aset terbesar yang dimiliki indonesia serta tidak dimiliki negara-negara lain, terlebih negara maju. di antara hasil kebudayaan dalam bidang seni adalah seni lukis kaca cirebon.

motif-motif cirebon yang indah serta khas bikin seni lukis ini jadi sesuatu identitas indonesia biasanya serta cirebon terutama. disamping itu, kekayaan gradasi warna serta kecantikan hasil harmonisasi bentuk-bentuknya bikin seni lukis dengan media kaca ini jadi amat mungkin untuk dikembangkan.

sistem pembuatan yang melibatkan unsur-unsur supranatural, layaknya ritual gunakan wewangian ataupun berpuasa, merupakan perihal yang dapat dikatakan merepresentasikan kebudayaan indonesia.

disamping itu, dari segi ekonomi lukisan dengan media kaca dari cirebon ini juga cukup menjanjikan, karena bukan sekedar orang-orang dalam negeri yang tertarik untuk nikmati keindahannya. negara-negara di luar indonesia, layaknya singapura serta korea juga dulu pesan seni lukis dengan media kaca ini ke cirebon.

sebagai warisan budaya, seni lukis dengan media kaca dari cirebon ini mesti senantiasa dilindungi kelestarian serta eksistensinya. dari birokrasi, barangkali, mesti bersedia sediakan dana untuk beberapa pelukis-pelukis berbakat yang “kebingungan” melacak area berekspresi dikarenakan alasan finansial.

namun kita sebagai rakyat indonesia, mesti senantiasa mengapresiasi hasil karya-karya dari beberapa pelukis-pelukisnya, lebih-lebih bila kita juga akan belajar mengenai cara maupun motif-motif dalam lukisan kaca khas cirebon tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar